Rabu, 30 Mei 2018

REPUBLIK DIGITAL



Republik  Digital
Acara Mata Najwa pada Minggu kemarin (20/5/2018), yang membahas tentang era digital, yang dihadiri oleh anak presiden republik indonesia yaitu Gibran Rakabuming Raka, Nadiem Makarim pendiri Gojek, Ganjar Pranowo dan Sudirman Said cagub jateng, Bayu Eko Moektito atau Bayu Skak youtubers.
Sebuah situs internasional allaccess.com merilis bahwa dalam waktu 60 detik tiap hari rata-rata manusia di seluruh dunia bisa membuat puluhan jutaan pesan melalui ponsel. Mulai membuat unggahan hingga 480 ribu status twitter, 174 ribu untuk menggeser gambar di Instagram, mengirim 38 juta pesan whatsapp, 18 juta pesan SMS terkirim, 973 ribu login ke Facebook, 4,3 juta menonton video di YouTube hingga 3,7 juta melakukan pencarian di google dan 3,7 juta mengirim email, serta 1,1 juta pesan mencari pasangan di Tinder. Hal itulah yang terjadi di dunia digital karena hanya dalam waktu 60 detik. Sesuatu yang akan menarik kalau bisa dimanfaatkan dengan kreatif. Cara Bisnis anak Presiden yaitu Gibran Rakabuming yang sudah memiliki banyak bisnis bersama adiknya Kaesang, tidak luput dari bagaimana mereka memasarkan produknya di era digital yaitu dengan menggunakan internet yaitu medsos.Kesuksesan yang diraih oleh anak presiden ini menjadi motivasi ank muda agar lebih kreatif  dan memanfaat medsos dengan baik .
Gojek di tangan Nadiem Makarim pendiri gojek ini tidak menyangka bahwa aplikasi gojek bisa menjadi perusahaan transportasi di era digital ini, perusahaan yang berdiri di tahun 2010 sudah tersebar di 100 kota-kota besar di indonesia dengan jumlah pengemudi sepeda motor dan mobil sebanyak 1 juta orang .Kolaborasi kunci keberhasilan gojek di era digital ini menuntut orang atau lembaga untuk berkolaborasi dan pemikirannya harus kolaboratif. Dunia digital di mata cagub jateng, media sosial bisa digunakan untuk partipasi masyarakat terhadap pembangunan daerah, hal ini bisa di terapkan melalui laporan – laporan dari masyarakat langsung ke kepala daerahnya. Ada yang lapor jalan bolong, pungli dan antrian rumah sakit panjang, itu semua bentuk partisipasi masyarakat untuk kepala daerah memperbaiki, masyrakat pastinya di zaman sekrang mempunyai medsos dengan medsos mereka bisa upload keluhan mereka dengan menandai ke kepala daerah masing – masing. Itu menjadi koreksi agar kepala daerah memperhatikan masyarakatnya.
Bayu Skak seorang youtubers dengan penghasilan yang bisa di bilang seharga satu buah motor dari konten youtubenya.Dengan konten youtube yang menggunakan bahasa jawa, bahasa jawa yang tidak semua orang mengerti dia mengangkat temanya dengan bahasa jawa. Dirinya ingin mengubah mindset orang – orang yang kayak melihat ini bukan bahasa jawa saja, tetapi yang di angkat semua daerah di Republik Indonesia. Jangan membuat youtube karena ingin meraih uang sebanyak banyaknya tapi buatlah konten yang kreatif  dan berbobot yang bisa menginsipirasi orang lain agar lebih maju dan berkembang di era digital ini. Bisnis Digital dan Peluangnya, peluang bagi startup atau usaha rintisan berbasis internet, perlu keberanian untuk memulai startup termasuk menciptakan suatu konsep yang lumayan unik, harus ada yang berbeda. Fasilitator di sini adalah memberikan ruang untuk mempertemukan antara pengusaha yang sedang merintis usaha baru dengan investor.
         Tips Membangun Bisnis Digital yaitu dengan memulai dari hal yang kecil seperti kegagalan, jadi harus berani mencoba dan berani gagal. Dunia bisnis adalah dunia yang keras, gagal di tipu itu sudah biasa karena dengan itu kita di mempunyai pengalaman yang memotivasi kita agar lebih sukses apalagi di era digital seperti sekarang ini. Internet bukan hanya semata-mata medium, internet ialah revolusi berdampak maksimum. Tak sekadar mengubah cara berkomunikasi, bahkan ikut membentuk cara hidup hari ini. Pengetahuan menjadi begitu bebas dan merdeka, nyaris tiada penguasa yang bisa mengontrolnya. Barang siapa yang kelewat terlambat beradaptasi, pasti tergerus zaman digital yang terus berlari. Sekat-sekat lawas dengan segera menjadi usang, hal-hal baru bermekaran tanpa bisa dihentikan. Peluang demi peluang muncul tanpa diduga, kesempatan emas bagi yang rajin berkarya Inovasi menjadi komoditas paling diburu, diperebutkan dari berbagai macam penjuru Yang kreatif niscaya akan melesat, yang jumud bersiaplah jadi karat Mari tinggalkan pikiran-pikiran lama, masa depan milik mereka yang terbuka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar